Berita

rumpin-tiram-513x278.jpg?token=36fd3fd9325621902e7a6598b67ba8ce

Erajaya Group Melakukan Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Tani Hutan melalui Budidaya Jamur Tiram

Jakarta, 24 April 2019 – Program Budidaya Jamur Tiram adalah sebuah program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan memberikan pendampingan kepada kelompok untuk mengembangkan budidaya jamur tiram, pengolahan jamur, pengembangan produk inovasi jamur, serta marketing penjualan produk jamur sehingga dapat menghasilkan tambahan pendapatan bagi masyarakat.

Program ini dilakukan di Kelurahan Rumpin tepatnya di Desa Babakan Setu, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini juga didampingi oleh Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK). BDLHK sendiri membantu didalam penyediaan lahan, pembentukan kelompok serta fasilitator lapangan.

Erajaya Group berkontribusi dengan menyediakan sarana dan prasarana budidaya jamur (kumbung, tempat pengasapan, tempat pembuatan baglog, sarana pengolahan jamur, serta gazebo atau saung tempat berkumpul). Saat ini terdapat dua buah kumbung yang mampu menyimpan sekitar 2000 sampai dengan 25000 baglog jamur. Sedangkan jenis jamur yang dikembangkan saat ini adalah jamur tiram putih. Rencana kedepan akan dibudidayakan dua jenis jamur yaitu jamur tiram dan jamur paha ayam.

Melalui program ini Erajaya Group berharap, perusahaan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Rumpin. Kegiatan budidaya yang dilakukan masyarakat akan dibantu pengembangannya oleh karyawan Erajaya Group mulai dari design product, innovation product, financial management, good packaging, serta marketing campaign.